Kamis, 29 September 2016

Konservasi Tanah

Tanah adalah salah satu faktor produksi yang tahan lama sehingga biasanya tidak diadakan depresiasi atau penyusutan. Bahkan dengan perkembangan penduduk nilai tanah selalu mengalami kenaikan dari tahun ke tahun. Untuk mempertahankan kesuburan tanah petani harus mengadakan rotasi tanaman dan usaha-usaha konservasi tanah lainnya. Keperluan akan konservasi tanah ini akan lebih nampak bagi negara secara keseluruhan tiap kali melihat kerugian-kerugian yang timbul dari adanya banjir dan erosi tanah terutama dilereng-lereng gunung. Akhir-akhir ini diadakan eksploitasi hutan dan kayu besar-besaran terutama di Kalimantan Timur. Hal ini menimbulkan kekhawatiran akan banjir-banjir besar dan kerusakan-kerusakan tanah lainnya di kemudian hari.

Roof bouw adalah eksploitasi yang berlebih-lebihan pada saat sekarang sehingga merugikan eksploitasi di masa yang akan datang. Di sinilah letak pentingnya masalah yang diartikan sebagai usaha untuk mempertahankan efisiensi penggunaan tanah untuk waktu yang selama mungkin tanpa terputus. Dalam arti yang lebih sempit konservasi ini biasanya mengurangi laju pengusahaan tanah sekarang untuk memungkinkan pengusahaan yang lebih besar kemudian hari. Konservasi tanah tidak sama dengan penggunaan tanah secara ekonomis. Pengertian ekonomi hanya membandingkan hasil-hasil dan biaya atau manfaat dan pengorbanan. Sedangkan konservasi lebih menekankan fungsi tanah dalam arti ekologis. Namun begitu penggunaan tanah secara ekonomis yang disertai pertimbangan jangka panjang akan berarti pula konservasi. Penerapan prinsip-prinsip ekonomi dalam konservasi tanah merupakan gabungan dari kedua soal diatas, yaitu membandingkan hasil dan biaya pada saat sekarang dengan hasil dan biaya pada saat yang akan datang.

Usaha penghijauan akan dilihat pertama-tama sebagai tindakan konservasi untuk mengendalikan erosi. Tapi prinsip ekonomi berlaku pula dalam hal ini. Pengeluaran biaya penghijauan sekarang diharapkan mendapat kompensasi pada masa yang akan datang berupa hasil-hasil pertanian yang dipetik. Hasil-hasil ini tidak mungkin diperoleh kalau tanah terkena erosi dan penghijauan tidak dilaksanakan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar